Pengabdian Masyarakat UMKM Cigondewah


Salah satu tugas dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Kali ini, saya bersama dengan dosen-dosen dari Kelompok Keahlian (KK) FAS, yaitu Ibu Norita, Ibu Tieka, Ibu Andrieta serta Ibu Vaya melaksanakan program pengabdian masyarakat di UMKM Cigondewah, Kabupaten Bandung pada tanggal 22 April 2016. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan mengenai akuntansi dan manajemen keuangan, dengan materi “Pembukuan dan Analisis Kinerja Keuangan”.

Kegiatan ini dihadiri oleh 29 peserta dari pelaku UMKM di daerah Cigondewah, Kabupaten Bandung. Pada kesempatan kali ini, hadir pula Kepala UPT Balai Industri Cigondewah, yaitu Bpk. Tete Rustendi ST. yang memberikan sambutan diantaranya mengenai pentingnya kesiapan pelaku UMKM dalam menghadapi persaingan global di Masyarakat Ekonomi Asean.

Berdasarkan analisis awal pada saat melakukan survey bahwa terdapat kebutuhan pelaku UMKM mengenai pengetahuan pembuatan laporan neraca dan laba rugi sehingga Harapan dari penyelenggaran program ini adalah dapat memberikan pengetahuan dasar mengenai penyusunan pembukuan, yaitu laporan neraca serta laporan laba rugi serta analisis kinerja keuangan.

IMG_20160422_092206

IMG_20160422_175405_edit


Leave a Reply